20130108

Membuat dan Mengelola Blog

Berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi seperti sekarang memang membuat semua impian itu menjadi mungkin. Orang bisa mengetahui apa saja yang sedang terjadi di belahan dunia lain hanya dengan duduk di belakang meja komputer. Orang bisa mengenal Anda dan pikiran-pikiran Anda melalui sebuah komputer. Tidak perlu saling bertemu, hanya berbekal sebuah jaringan bernama internet. Anda bisa melakukan itu semua dengan mudah melalui sebuah media bernama blog.

Pada Modul 9 Pengelolaan Informasi Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) mencoba mengulas lebih komprehensif tentang apa itu blog, manfaat blog, bagaimana cara membuat dan mengolah blog.

1. Apakah Blog itu?Blog adalah kependekan dari weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Bargerpada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan Istilah "weblog" untuk menyebut kelompok webs pribadi. Orang yang membuat atau mengisi halaman-halaman blog disebut blogger. Website adalah ‘lokasi-lokasi web’ atau lokasi-lokasi layanan informasi di lnternet yang memungkinkan setiap orang membukanya selama 24 jam per hari. Sebenarnya website juga tidak hanya dikembangkan oleh organisasi / lembaga atau perusahaan karena perorangan juga bisa membuat website pribadi.
Weblog menjadi popular sebagai website pribadi karena bisa dimiliki siapa saja, dengan adanya kemudahan untuk membuatnya karena telah tersedia disain template dan fasilitas gratis di internet.
Berbeda dengan website biasa, Anda tidak harus membayar biaya server tempat menitipkan blog anda. Dewasa ini sudah banyak server yang melayani pembuatan blog dan pengembangan blog secara gratis. Yang dibutuhkan hanya biaya sewa warnet, belajar terbiasa menggunakan computer dan internet, bisa menulis sederhana, punya kemauan keras untuk belajar, dan yang paling penting adalah menikmati kegiatan ini.

Secara sederhana bisa dikatakan bahwa blog adalah website tentang diri pribadi anda. Melalui media internet setiap orang bisa mengakses blog Anda setiap saat. Anda bias mengintip isi kepala dan kehidupan sehari-hari dari pencipta/pemilik blog. Dalam blog, Anda bisa menulis siapa diri Anda, apa saja yang Anda sukai, dan apa yang Anda pikirkan. Apa saja. Tidak ada yang bisa membatasi gagasan dan pikiran Anda. Selain Informasi pribadi, Anda juga bisa membuat blog tematik. Sekarang sudah banyak orang membuat blog-blog tentang pendidikan, tentang seni budaya, tentang politik, promosi usaha,dan lain-lain. Jika Anda ingln mempromosikan usaha, Anda bisa membuat blog berjudul "ICT Center Maju Tak Gentar", "Menyediakan Layanan Training Jaringan Komputer dan Service Gratis”, atau “Depot Bu Inem” Menyediakan layanan pesan antar nasi kotak, kue kering dan basah, dan seterusnya.
2. Manfaat BlogBlog merupakan salah satu media yang memberikan kesempatan kepada setiap pengguna internet membudayakan menulis aktivitas yang dilakukan. Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari blog antara lain :
a) Knowledge Sharing. Blog bisa menjadi sangat bermanfaat jika diisi dengan pengetahuan yang bermanfaat buat orang banyak. Dengan blog, semua orang bisa dengan mudah mengeksternalisasikan pengetahuan yang dimilikinya ke dunia maya (internet). Sehingga dengan begitu pengetahuan yang dimilikinya itu bisa di-share ke orang lain dan menjadi bermanfaat buat orang yang membutuhkannya.
b) Bridge Blogging. Blog bisa mengkomunikasikan sesuatu dengan dengan bahasa santai tetapi tetap terarah. Misalkan menceritakan kondisi suatu daerah yang memiliki daya tarik yang luar biasa bagi para pelancong baik domestik maupun mancanegara. Bridge blogging mampu menampilkan wajah sebenarnya dari suatu keadaan, tanpa ada yang ditutup-tutupi, tanpa polesan disana-sini.
c) Ground Voice, Suara Akar Rumput. Dengan blog, orang dapat dengan leluasa menuliskan pendapatnya tentang suatu hal. Opini-opini yang muncul dari blogosphere kemudian bisa menjadi sebuah opini yang kuat yang mampu menunjukkan bagaimana sebenarnya pendapat masyarakat tentang suatu hal. Selama ini opini umum yang berkembang di masyarakat selalu dikendalikan oleh pihak media-media yang sudah besar dan berpengaruh. Kondisi sekarang ini hampir semua media didunia sudah kehilangan objektifitasnya. Banyak media yang sengaja dibuat oleh kelompok-kelompok tertentu untuk mengendalikan opini umum yang berlaku dimasyarakat. Dengan blog, opini umum yang berkembang bisa dikendalikan langsung oleh individu-individu yang terlibat. Dengan begitu, opini yang terbentuk adalah opini yang jujur langsung dari setiap individu dari masyarakat, tanpa dimanipulasi terlebih dahulu oleh pihak media.


d) Idea Incubation. Biasanya jika seseorang mempunyai suatu ide yang tidak langsung direalisasikan. Bahkan biasanya ide yang muncul dalam otaknya terpendam sekian lama untuk proses pematangan ide, seiring berjalannya waktu, akan muncul konsep-konsep pelengkap dari ide tersebut. Juga tidak dipungkiri biasanya suatu ide yang muncul dalam diri seseorang tidak akan direalisasikan jika tidak ada orang yang mendukung idenya tersebut. Oleh karena itu, jika suatu ide muncul dalam diri Anda, akan sangat bagus kalau Anda menginkubasikan ide tersebut selama beberapa lama sambil men-share ide tersebut ke beberapa orang yang mungkin akan mendukung ide yang Anda miliki. Setelah proses inkubasi tersebut, Anda akan mendapatkan ide yang matang dan Anda juga siap untuk merealisasikan ide tersebut dengan dukungan dari orang-orang yang terlibat dalam proses inkubasi ide Anda sebelumnya. Blog bisa berperan sebagai tempat untuk meng-inkubasi-kan ide yang Anda miliki dan sangat memungkinkan berbagi dengan orang lain untuk memberikan tambahan ide dan juga dukungan buat Anda untuk merealisasikan ide.


3. Mengapa Membuat BlogDari sisi biaya, blog adalah sebuah media yang relatif murah. Dari sisi akses komunikasi-informasi, blog merupakan media yang bisa menghubungkan Anda dengan dunia tanpa batas. Secara teknis teknologi pada ICT Center dan Laboratorium komputer di sekolah –sekolah cukup untuk mengoperasikan blog ini.
Untuk sebagian orang yang gagap teknologi mungkin agak sulit ketika membuat blog untuk pertama kali. Tetapi jika Anda sudah melewati tahap ini, seterusnya akan mudah dan menyenangkan. Tidak ada yang lebih menyenangkan dari memiliki kebebasan untuk menuliskan apa saja pendapat dan perasaan Anda tanpa rasa takut dan khawatir bukan? Anda bisa menuliskan berbagai hal di dalam blog untuk dibaca orang lain, baik teman atau pun kalangan yang tidak Anda kenal dan di tempat-tempat yang jauh tak terbatas. Melalui blog Anda bisa berkomunikasi dengan orang lain atau para pengunjung blog (blogwalking).

Dibandingkan dengan media -media lain, barangkali blog adalah media yang paling cocok dengan sosialisasi dan sharing pengetahuan secara terbuka. Tidak perlu memandang kerja mengembangkan blog sebagai sesuatu yang muskil dilakukan. Keinteraktifan blog adalah salah satu faktor yang menunjang kepopulerannya. Dengan blog, media konvensional yang bersifat satu arah berubah bentuk menjadi tempat dimana suara semua orang mendapat tempat. Blog memiliki kebalikan struktur dari media konvensional yang bersifat top-down, membosankan dan arogan.
Banyak orang saat ini memiliki idealisme terhadap blog sebagai sebuah konsep desentralisasi informasi yang mengembalikan berita kembali di tangan para penggunanya dan tidak dimonopoli lagi oleh korporasi besar atau perusahaan media

4. Siapa Yang Membuat Blog?Anda bisa membuat blog dengan gaya Anda masing-masing: ada yang membuat blog sebagai catatan harian on-line, ada yang membuat blog untuk menuliskan cerpen-cerpen dan puisi, ada yang menuliskan artikel dan opini tentang tema-tema sosial, bahkan ada kutu buku yang gemar membuat resensi buku atau merangkum buku bagus untuk berbagi dengan orang lain. Anda juga bisa membuat blog sebagai surat kabar elektronik dan mengembangkan kegiatan jurnalistik on-Iine. Tentunya, seorang blogger juga harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik apabila ¬itu menyangkut tulisan berita, artikel, dan opini ; juga kode etik penullsan pada umumnya apabila Itu menyangkut artikel atau paper yang menggunakan pengutipan-pengutipan dari sumber tulisan, lain.
Meskipun blog dikembangkan untuk memungkinkan perorangan memiliki sebuah website tetapi blog juga bisa bermanfaat untuk kelompok, organisasi / lembaga, dan sebuah badan usaha. Bagi individu, blog merupakan suatu kesempatan rnengembangkan dan menyalurkan minat tulis menulis Anda. Baqi organisasi/lembaga yang berkepentingan untuk mengembangkan penyediaan informasi program lembaganya atau mempromosikan diri, blog merupakan salah satu alternatif media informasi program. Untuk kalangan usaha, bias juga blog menjadi media promosi dalam rangka pemasaran produk usaha Anda secara, "on-line".


5. Bagaimana Cara Membuat Blog
A. Membuat Blog Perorangan
Anda juga sebaiknya mendorong perorangan untuk membuat blog agar kemampuanya berinteraksi dengan berbagai kalangan di dunia maya melalui Internet berkembang. Bagi perorangan, blog mungkin bisa menjadi media ekspresi untuk menyampaikan pikiran dan pendapat, berbagi pengalaman, membangun jaringan pertemanan. Bagi perorangan, mambuat blog akan meningkatkan banyak sekali kapasitasnya karena mampu mengakses informasi dan sumber pembelajaran dari berbagai tempat dan kalangan. Juga akan menumbuhkan kepercayaan diri/kebanggaan karena bisa menulis di dalam blog. Apa pun tujuan perorangan dalam mengembangkan blog, media ini akan memberikan cara pandang baru bagi masyarakat tentang dunia: seperti membuka jendela di sebuah desa dan melihat angkasa luas.


B. Membuat Blog Organisasi atau LembagaSentra KKPI sendiri membuat blog untuk menyampaikan berbagai informasi tentang materi dan perkembangan yang berhubungan dengan Keterampilan Komputer dan Pengelolan Informasi. Penulis atau pengisinya bisa Pengarah, Manajer operasional, Asesor KKPI, Instruktur KKPI maupun tim KKPI lainnya. Alamat Sentra KKPI VEDC Malang adalah http://sentrakkpivedcmalang.blogspot.com


C. Langkah-Langkah Membuat Blog
1) Masuk Pada Situs Penyedia Layanan Blog
Mulailah dengan masuk ke situs pembuatan atau pengembangan blog yang gratis misalnya
http://wordpress.com/ atau http://id.wordpress.com/ (blog layanan berbahasa indonesia)

Atau server lain yang juga melayani pembuatan atau pengembangan blog yaitu
http://www.blogger.com adalah layanan yang paling gampang, gratis, dan paling banyak digunakan orang.
2) Create Account (Mendaftar)Setelah situs terbuka, kliklah CREATE YOUR BLOGNOW (Daftarkan Sekarang). Sebagai catatan penting untuk membuat sebuah blog wajib punya alamat email. Selanjutnya Anda akan diminta mengisi sebuah blanko isian mengenai: nama pengguna (username), kata sandi (password), alamat email (email address). Username dan password ini jangan sampai hilang atau lupa karena akan selalu ditanyakan saat Anda mengisi atau mengedit blog dengan tulisan-tulisan baru.

3) Memberi nama (name yourblog)Setelah Anda mendaftar, masuklah ke menu membuat blog baru (create a newblog). Anda akan membuat blog sekarang. Anda akan diminta membuat nama blog (blog title), uraian blog (description), dan alamat blog. Ini adalah alamat standar blog jika Anda menggunakan blogger.com sebagai server gratisan Anda, contoh :


Blog Title : Welcome to ICT Maju Tak Gentar
Blog Address http: // ictmajutakgentar .blogspot.com


Selanjutnya ketik “verification word” sesuai petunjuk yang ada, bila Anda sudah yakin sudah benar klik tombol continue
Kini Anda diminta memberi nama blog Anda. Setelah dinama terisi, lanjutkan dengan klik continue. Blog Anda telah dibuat mulailah mengisi blog Anda

4) Memilih disain blog (choose your template)Setelah itu Anda mesti merancang/mendesain blog Anda.Tidak perlu repot, server sudah menyediakan berbagal pllihan rancanqan (template desain), dan Anda tinggal memilih salah satu diantara banyak desain yang ada.
Klik saja satu desain yang Anda suka. Desain ini nanti juga bisa Anda ubah-ubah sesuka Anda nantinya. Setelah Anda memilih salah satu desain yang ada selanjutnya tekan tombol continue. Sekarang Anda sudah siap memasuki dunia internet, dunia tanpa batas.

Setelah pembuatan blog, selebihnya Anda perlu menguasai berbagai hal teknis perancangan dan penampilan blog dengan menggunakan pilihan menu yang terdapat di dalam blog, seperti melihat-lihat naskah, pengubahan disain template, menulis dan memasukan naskah-naskah baru, mengedit naskah-naskah yang sudah Anda publikasikan dengan cara sederhana yang mirip dengan fasilitas Microsoft Word (menebalkan, atau memiringkan huruf, memasukkan gambar, dan lain-lain), dan sebagainya.
5) Mengisi BlogPada menu Posting Create untuk membuat posting baru. Contoh Untuk pengisian pertama kali, ketik pada kolom Title : Training Pembuatan Blog di ICT Maju Tak Gentar.

Selanjut ketik isinya, jika sudah yakin benar tekan tombol Publish
Gambar diatas menunjukkan bahwa posting yang ada lakukan sukses
Klik View Blog untuk melihat posting yang baru saja anda lakukan, seperti pada gambar di bawah ini.

6) Mengelola dan Meng-update BlogSecara fungsional blog Anda sebenarnya sudah jadi. Anda tinggal mengisi blog dengan tulisan-tulisan secara rutin sesuai tema yang telah Anda tentukan. Anda juga bisa melakukan pengeditan terhadap berita yang sudah terposting atau masih tersimpan pada blog dengan cara klik Edit Posts dari Menu Posting, seperti yang diperlihatkan pada gambar dibawah ini.
Anda juga bisa menghias blog dengan rupa¬rupa aksesoris. Beberapa aksesoris yang perlu dan umumnya dipasang dalam blog misalnya adalah kotak "tegur sapa" (shoutbox), buku tamu (webcounter), dan mesin pencari kata/informasi (search engine).

6. Tips Penulisan BlogBlog adalah salah satu bentuk media yang menggunakan halaman-halaman web sebagai sarana untuk menuliskan artikel, berita, opini, anekdot, can sebagainya. Halaman web memiliki sifat yang sangat berbeda dengan halaman media cetak.
Karena itu, jika Anda hendak menulis naskah untuk blog Anda, memperhatikan hal-hal berikut ini:


1) Ketiklah naskah dengan program NotePad atau program-program sejenis (bukan program pengolah kata seperti Ms Word dan sebagainya). Penulisan naskah dengan pengolah kata seperti Ms Word biasanya menghasilkan banyak "karakter aneh" saat diproses.
2) Pisahkan pergantian alinea dengan menekan tombol ENTER sebanyak DUA KALI. Kenapa? Sebab penulisan naskah di website tidak mengenal format "awal paragraf ditandai dengan pengetikan agak menjorok ke dalam" seperti yang biasa ditemui pada media cetak. Kalau tombol ENTER hanya ditekan sekali, pembaca akan kesulitan melihat batas-batas alinea.
3) Jangan pakai tombol tab atau menekan tombol spasi lebih dari satu kali. Tabulasi akan diabaikan oleh halaman web. Sementara jika Anda menekan tombol spasi sebanyak apapun, yang dipakai hanya satu. Jadi percuma saja Anda repot-repot mengatur tabulasi can spasi yang macam-macam.

4) Umumnya orang ingin membaca berita-berita di internet secara cepat. Selain karena malas lama-lama "memelototi" layar monitor, mereka juga diburu-buru oleh mahalnya pulsa internet. Karena itu, gaya bahasa pada media on-line pun hendaknya disesuaikan dengan hal ini. Harus ringkat, padat, dan menarik.

5) Karena internet adalah dunia yang bebas, Anda memiliki kesempatan yang seluas-luasnya untuk belajar dengan melakukan praktek langsung. Caranya: buatlah sebuah blog, can kelola dengan serius. Siapa pun bisa membuat situs di internet, tak ada yang melarang.

0 komentar:

Post a Comment